RPP IPA Ciri-ciri khusus makhluk hidup (1)
Desember 21, 2017
By
Anonim
RPP
0
komentar
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
( RPP )
Sekolah : SDN Dapurkejambon 3 Jombang
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan
Alam ( IPA )
Kelas/Semester : VI / 1
Materi Pokok : Ciri-ciri
khusus makhluk hidup
Waktu :
4 x 45 menit (2 X pertemuan)
Metode :
Ceramah
A.
Standar
Kompetensi :
1. Memahami hubungan antara ciri-ciri
makhluk hidup dengan lingkungan tempat hidupnya
B.
Kompetensi
Dasar
1.1 Mendeskripsikan
hubungan antara ciri-ciri khusus yang dimiliki hewan (kelelawar, cicak, bebek)
dan lingkungan hidupnya
C.
Tujuan
Pembelajaran**:
o
Siswa dapat Memahami peta konsep tentang makhluk
hidup
o
Siswa dapat Mempelajari ciri khusus :
-
Alat pendeteksi benda pada kelelawar (ekolokasi)
-
Kaki lengket pada cecak dan tokek.
-
Lidah yang panjang dan lengket pada bunglon dan
landak semut
-
Punuk pada unta.
-
Mata dan pendengaran yang tajam pada burung hantu.
-
Semburan air ikan pemanah.
-
Mempelajari Bentuk sederhana bunga karang
(koral).
& Karakter
siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline ), Rasa
hormat dan perhatian ( respect ),
Tekun ( diligence ) , Tanggung jawab
( responsibility ) Dan Ketelitian ( carefulness)
D.
Materi
Essensia
Ciri-ciri khusus beberapa jenis hewan.
E.
Media
Belajar
o Buku SAINS SD Relevan Kelas VI
o Buku
atau majalah
F.
Rincian
Kegiatan Pembelajaran Siswa
1. Pendahuluan
Apersepsi dan Motivasi :
o Menyampaikan Tujuan Pembelajaran**: dan kompetensi yang diharapkan
|
(5 menit)
|
2. Kegiatan Inti
& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Siswa dapat Memahami peta konsep tentang makhluk hidup
F Mempelajari alat pendeteksi benda pada kelelawar (ekolokasi)
- Memancarkan bunyi dari mulutnya,
- bunyi tersebut akan dipantulkan oleh benda disekitarnya,
- selanjutnya kelelawar dapat memperkirakan jarak benda tersebut dari bunyi yang kembali padanya
F Mempelajari Kaki lengket pada cecak dan tokek.
- Telapak kaki tokek mempunyai lapisan berupa struktur seperti rambut yang lengket
F Mempelajari Lidah yang panjang dan lengket pada bunglon dan landak semut
F Melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
F memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
& Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
|
(50 menit)
|
3. Penutup
o Memberikan kesimpulan
- Kelelawar mencari makan dimalam hari dengan memanfaatkan pantulan bunyi
- Cecak dan tokek merayap di dinding karena mempunyai perekat
- Bunglon dan landak semut menangkap mangsanya dengan lidah.
|
(5 menit)
|
4. Pekerjaan Rumah
o Tugas PR
| |
Pertemuan ke-2
| |
Apersepsi dan Motivasi :
o Mengulang materi pertemuan sebelumnya
|
(5 menit)
|
& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Siswa dapat Menagih tugas pertemuan sebelumnya
F Mempelajari Punuk pada unta.
- Unta ada yang memiliki satu punuk dan ada yang dua punuk
- Punuk berisi lemakuntuk menyimpan cairan
- Unta tidak berkeringat, dan hanya sedikit mengeluarkan kotoran
F Mempelajari mata dan pendengaran yang tajam pada burung hantu.
- Kedua mata burung terletak di bagian depan kepala, memiliki leher yang lentur
- Pendengaran nya sangat tajam untuk menentukan lokasi mangsanya.
F Mempelajari Semburan air ikan pemanah.
- Menyemburkan air pada hewan yang sedang bergantung
F Mempelajari Bentuk sederhana bunga karang (koral).
- Menempel didasar laut dan menunggu datangnya mangsa.
F Sisi tubuh bunga karang mempunyai lubang halus tempat masuknya air
F Melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
F memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
& Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahanpemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
|
(50 menit)
|
o Memberikan kesimpulan :
- Unta memiliki punuk untuk menyimpan lemak
- Burung hantu menggunakan mata dan telinga untuk mecari mangsa
- Ikan pemanah menyemburkan air untuk menangkap mangsanya.
o Bunga karang enempel di dasar laut dan menunggu datangnya mangsa
|
(5 menit)
|
o Tugas
|
A. Penilaian:
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Teknik Penilaian
|
Bentuk Instrumen
|
Instrumen/ Soal
|
o Mencari contoh hewan yang memiliki ciri khusus untuk memenuhi kebutuhannya, misalnya: kelelawar dan cicak
o Mendeskripsikan cirri khusus hewan yang ada di sekitarnya, misalnya kelelawar mempunyai alat pendeteksi benda-benda di sekitarnya (sonar)
|
Tugas Individu
|
Laporan
|
o Sebutkanlah contoh hewan yang memiliki ciri khusus untuk memenuhi kebutuhannya, misalnya: kelelawar dan cicak
o Jelaskanlah cirri khusus hewan yang ada di sekitarnya, misalnya kelelawar mempunyai alat pendeteksi benda-benda di sekitarnya (sonar)
|
FORMAT KRITERIA PENILAIAN
& Produk ( hasil diskusi )
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
|
Konsep
|
* semua benar
* sebagian besar benar
* sebagian kecil benar
* semua salah
|
4
3
2
1
|
& Performansi
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
2.
3.
|
Pengetahuan
Praktek
Sikap
|
* Pengetahuan
* kadang-kadang Pengetahuan
* tidak Pengetahuan
* aktif Praktek
* kadang-kadang aktif
* tidak aktif
* Sikap
* kadang-kadang Sikap
* tidak Sikap
|
4
2
1
4
2
1
4
2
1
|
& LEMBAR PENILAIAN
No
|
Nama Siswa
|
Performan
|
Produk
|
Jumlah
Skor
|
Nilai
| ||
Pengetahuan
|
Praktek
|
Sikap
| |||||
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
9.
|
CATATAN :
@ Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.
@ Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan Remedial.
Jombang, 05 Agustus 2017
Mengetahui
Kepala Sekolah Guru Kelas VI
ENY AGUSTINA, S.Pd. M. JANJI HARYONO, S.Pd.
NIP. 19650731 198803 2 007 NIP . 19860322 200901 1 001
0 komentar: